Lazada Otomotif Offer

Perbedaan Torsi Dan Power

  • Diterbitkan : 20 Jan 2023

Perbedaan Torsi Dan Power. Saat mengecek mobil, kita sering dihadapkan dengan istilah torsi dan power atau tenaga. Seringkali orang hanya berfokus pada tenaga yang dimiliki oleh suatu mesin, padahal torsi tak kalah pentingnya untuk diperhatikan. Yang menjadi pertanyaan, apa perbedaan torsi dan power saat mengecek performa mesin pada mobil?

Karena itulah, banyak orang yang sering salah kaprah saat mengecek mesin pada kendaraan mereka. Apalagi fungsi torsi memang sangat besar di dalam kinerja mobil selama melaju melewati berbagai medan jalan. ​​​Kegunaan utama torsi adalah membuat kendaraan kita berakselerasi pada tahap awal mesin bergerak.

Sedangkan power atau tenaga adalah energi yang dikeluarkan mesin untuk mencapai kecepatan tertinggi dalam jangka waktu tertentu. Setelah mengetahuinya, kita bisa menghitung power dengan rumus torsi dikalikan rpm/5252, di mana rpm merupakan singkatan dari rotasi per menit.

Untuk mengukur torsi dan power secara akurat, digunakanlah alat yang disebut dengan dinamometer mesin. Tapi jangan khawatir, AutoFamily bisa berkonsultasi dengan Auto2000 untuk menentukan pilihan mobil yang cocok.

Jangan Salah Kaprah, Ini Bedanya Power dengan Torsi Pada Performa Mesin

Perbedaan Torsi Dan Power. Jangan Salah Kaprah, Ini Bedanya Power dengan Torsi Pada Performa Mesin

GridOto.com - Banyak yang menilai performa mesin motor hanya dari power atau tenaganya. Enggak salah sih, karena ini memang hal yang paling gampang dicerna oleh banyak orang. Namun, sebenarnya ada juga unsur lain dalam menilai performa kendaraan, yakni torsi. Antara torsi dan tenaga ini memang mirip, tapi ada baiknya kalian tahu bedanya ya. Baca Juga: Prospeed Spider Yamaha XMAX 250, Tampang Kalem Power Enggak Melempem. Secara sederhana, torsi bisa dikatakan sebagai kemampuan mesin untuk melajukan kendaraan dari keadaan diam.

Sementara tenaga alias power, adalah daya yang berkelanjutan selama jangka waktu tertentu. Makin besar powernya, performa mesin juga akan ngisi terus ketika kendaraan sudah melaju. Tenaga umumnya diukur dalam satuan Daya kuda (dk) atau Horse Powew (HP).

Baca Juga: Mesin Yamaha Aerox Bore Up Pakai Roller Silang Power Lebih Keluar.

Ingin Beli Kendaraan, Perhatikan Perbedaan Torsi dan Horsepower

Perbedaan Torsi Dan Power. Ingin Beli Kendaraan, Perhatikan Perbedaan Torsi dan Horsepower

Torsi dan horsepower adalah dua hal yang sering dijadikan pertimbangan untuk membeli kendaraan. Para penggemar jenis cruiser akan melihat torsi sebuah motor sebelum akhirnya menjatuhkan pilihannya. Salah satu kanal YouTube driving 4 answers, mencoba menjelaskan perbedaan torsi dan horsepower secara sederhana.

Mereka menggunakan LEGO yang dipasangkan dengan motor mini untuk bisa memberi perumpaan jelas soal perbedaan dua aspek krusial dalam dunia otomotif ini. Secara garis besar, torsi dan horsepower sama-sama menjadi indikator seberapa bertenaga sebuah mesin motor atau mobil. Sebaliknya, jika mementingkan pada kemampuan melintasi medan yang lebih berat, motor dan mobil dengan torsi tinggi adalah pilihan utama.

Perlu Tahu, Ini Perbedaan Torsi dan Tenaga Mobil

Perbedaan Torsi Dan Power. Perlu Tahu, Ini Perbedaan Torsi dan Tenaga Mobil

Baik di brosur, atau membaca pemberitaan otomotif, Sahabat pasti kerap menemukan istilah tenaga (power) dan torsi. Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, torsi itu merupakan momen putar atau gaya yang dihasilkan mesin, biasanya untuk akselerasi.

Atau bisa dengan mudah diartikan power (tenaga) adalah energi yang dikeluarkan mesin untuk mencapai top speed (kecepatan tertinggi). Lebih jelasnya adalah sejauh mana jarak yang bisa ditempuh dengan gaya dapat dihasilkan untuk melakukan suatu dorongan. Jika Sahabat ingin membeli sebuah mobil balap, maka kendaraan tersebut sangat membutuhkan tenaga besar agar kecepatan yang dihasilkan juga tinggi.

Akan tetapi angka tersebut masih bisa dimanipulasi, sehingga hasilnya mungkin saja mencapai tiga kali lipat lebih dari semula. Torsi lebih banyak memiliki peran untuk mengatur putaran mesin, sehingga mobil yang dalam keadaan diam bisa bergerak. Lalu, perbedaan yang paling menonjol dari dua hal tersebut adalah torsi lebih dahulu dihasilkan dibandingkan dengan tenaga.

Dengan adanya ledakan di ruang pembakaran pada mesin, sehingga akan menghasilkan sebuah gaya yang disalurkan ke roda sampai bergerak. Nilai dari torsi yang dihasilkan pada ruang pembakaran di mesin memiliki peran paling penting dalam sebuah kendaraan.

Yuk, Cari Tahu Apa Itu Torsi dan Bedanya dengan Tenaga!

Perbedaan Torsi Dan Power. Yuk, Cari Tahu Apa Itu Torsi dan Bedanya dengan Tenaga!

Anda bisa dengan mudah menemukan informasi besaran torsi ini ketika membaca tentang spesifikasi suatu mobil. Nah, berikut ini akan dijelaskan secara lengkap tentang pengertian, rumus dan peran dari torsi untuk mobil Anda. Secara umum khususnya dalam bidang fisika, momen gaya alias torsi adalah penyebab suatu benda berputar. Dalam dunia otomotif, torsi adalah besaran untuk menyatakan seberapa besar gaya dorong yang bisa diproduksi oleh suatu mesin.

Masyarakat kita seringkali tertukar antara torsi dan tenaga karena memang keduanya berhubungan dengan performa mesin. Seperti dibahas sebelumnya, torsi didapat dari proses perkalian antara gaya dan jarak titik ke poros rotasi. Sedangkan rumus untuk mencari tenaga (daya) didapat dari hasil perkalian antara torsi dengan rpm.

Ia sangat cocok digunakan untuk membawa beban berat, mendaki gunung, dan melintasi jalanan terjal. Jadi pada intinya torsi dibutuhkan ketika pertama kali menyalakan mesin, karena variabel satu ini adalah merupakan gaya dorongan yang membuat roda bisa bergerak. Meski masih berkesinambungan, torsi berbeda dari daya atau tenaga yang disebut dalam satuan horse power.