Cara Setting Sound System Lapangan

  • Diterbitkan : 14 Jul 2022

Cara Setting Sound System Lapangan. Oleh karenanya diperlukannya tambahan beberapa peralatan untuk mendapatkan suara yang sesuai dengan keadaan tersebut. Urutan cara setting sound system lapangan haruslah urut, supaya suara yang dihasilkan juga optimal. Berikut urutan piranti apa saja yang harus dipasang ketika akan menyelenggarakan acara lapangan atau luar ruangan. Jadi semisal ketika acara berlangsung aka nada tampilan main music dengan menggunakan piano.

Misalnya saja ketika sedang dipakai, terdapat suara yang keras menggelegar seperti drum. Dengan mengaktifkan crossover speaker 18 sub ini misalnya, maka akan bisa memfilter yang tak diinginkan, contohnya adalah suara middle. Misalnya saja jika Anda menggunakan subwoofer, maka settingan filter saklar ke posisi LPF. Jika speaker yang digunakan untuk settingan midrange, maka filter saklar dibuat posisi HPF.

Cara Setting Sound System Lapangan, Kualitas Suara Jadi Bagus?

Ada beberapa faktor yang harus kalian perhatikan dalam merencanakan atau memasang sound system pada lapangan terbuka. Tentunya buat kalian praktisi pemasang Sound System lapangan terbuka sudah pasti tahu apa yang menjadi alat-alat tersebut.

Perhatikan juga apakah kalian membutuhkan Speaker luar untuk memaksimalkan penampilan sound system dalam sebuah acara. Perangkat dalam sound system ini pun sangat cocok untuk kalian gunakan pada speaker vocal ataupun monitor. Crossofer yang pasif tidak perlu menggunakan listrik dan bisa hanya dengan meletakkannya pada dalam box speaker. Untuk kalian ketahui Power merupakan alat penerus dari berbagai macam perangkat yang ada pada Sound System .

Untuk melakukan setting ini memang agak sedikit rumit jika kita bandingkan dengan system direct sebelumnya. Karna hal ini disebabkan oleh bertambahnya piranti pendukung seperti console elektronik pemecah frequensi atau biasanya menggunakan DLMS.

Urutan Pemasangan Aksesoris Peralatan Sound System Lapangan

Cara Setting Sound System Lapangan. Urutan Pemasangan Aksesoris Peralatan Sound System Lapangan

komponen High End berupa penguatan suara, proses kerja dari Amplifier dan Loudspeaker. komponen pencampur suara atau mixing, dalam hal ini Mixer. Pendistribusian jalur suara ke speaker; fungsi Crossover dan audio distribusi lainnya.

Aksesoris dalam area panggung; misal tiang mic, monitor, dan lainnya. Urutan Cara Setting (Pemasangan) Aksesoris Sound System Area Lapangan yang Benar. - Sebelum kita membahas tentang urutan atau tahap, ada baiknya kita mengetahui mana peralatan utama audio system dan mana yang menjadi alat pendukung atau peralatan aksesoris.

Urutan atau tahap dalam cara memasang system penyuaraan untuk lapangan ini beserta aksesorisnya akan kita bahas di bawah ini.Peralatan utama yang vital dari sebuah sound system terdiri dari;Berdasarkan kriteria di atas tentangini dapat kita uraikan menjadiDengan keberadaan komponen di atas maka anda sudah dapat tampil dalam menangani acara yang menggunakan perangkat sound anda.Peralatan aksesoris pendukung ini cukup berguna di dalam perangkat audio system yang dalam kerjanya dapat dipecah berdasarkan fungsi dari perangkat yang digunakan;Coba buka halaman yang berhubungan dengan aksesoris sound system.Setelah anda memahami apa yang menjadi peralatan utama sound di atas dan kemudian anda ingin menambah eksternal akessoris lainnya, tentu anda akan berhadapan bagaimana urutan dan cara setting yang harus dikoneksikan dalam instalasi perangkat demi perangkat di sound system yang anda miliki itu saat anda berada di area yang cukup luas.Peralatan utama di atas bisa anda modifikasi dengan penambahan peralatan pendukung lainnya namun anda harus faham apa nama barang tersebut dan juga fungsinya untuk apa. Misalkan anda telah memiliki beberapa perangkat tambahan lain dalam hal ini mungkin berupa EQ, Compressor Limiter, Crossover Aktif, Sound FX Reverv, Expander Bass Processor, Audio Distributor, dan lainnya.Untuk lebih mendalam dalam memahamai cara setting sound system, ada baiknya anda membukadiatas yang berisi tentangGambarMasih banyak yang perlu dipelajari tantang urutan instalasi peralatan sound system ini. Ini hanya salah satu contoh yang dapat kita lakukan. Mudah-mudahan artikel ini tentangdapat menambah wawasan kita tentang pensetingan sound.BACA JUGA ARTIKEL TENTANGTerimakasih telah membaca halaman situs sound system khusus lapangan ini, sampai jumpa pada pertemuan mendatang..

Cara Setting Sound System

Cara Setting Sound System Lapangan. Cara Setting Sound System

Seluruh artikel yang terdapat di sini adalah khusus membahas panduan cara setting sound system yang mana di dalamnya berisi tentang cara merakit atau membuat sound system dan lain sebagainya. Pada artikel terkait dapat anda jumpai juga tentang bagaimana cara set sound system panggung orgen tunggal.

Halaman di situs ini banyak mengupas panduan tentang panduan bagaimana cara mensetting atau instalasi sound system tergantung pada peralatan sound system jenis apa yang akan kita setting. Mungkin anda ingin mengetahui penyebab mic feddback, coba lihat cara setting sound system menghilangkan feedback Microphone.

Kita tahu banyak sekali ragam peralatan atau aksesoris sound system sekarang ini. Tentu masih ada yang bertanya bagaimana cara memasang, menyusun urutan posisi kabel input dan output lalu mengoperasikannya.

Urutan pengkabelan dalam cara setting sound system lapangan, masjid, untuk karaoke dan juga audio mobil. Untuk Loudspeaker rumah tangga yang banyak dipakai adalah speaker aktif Polytron (termasuk harga), coba lihat ulasannya.

Panduan Membangun Sound System Lapangan Profesional (II)

Cara Setting Sound System Lapangan. Panduan Membangun Sound System Lapangan Profesional (II)

Mengenal lebih lengkap peralatan sound system yang dibutuhkan seperti :- Power Amplyfier- Audio Mixer/ Mixer Console- Microphone- Speaker- Stand Microphone (Tiang Mic)- Kabel Speaker- Kabel jack to jack- CD/DVD player- Equaliser- Crossover aktif/pasif- Sound effect- Audio Compressor- Audio Destroyer- Roll Kabel Listrik- Stabiliser Tegangan Listrik- Q-Up (Power Amplyfier Keyborad,Guitar)- Hardcase- Snack Kabel (Kabel FOH)- GensetNamun sebelum memutuskan membeli semua peralatan di atas, kita perlu menentukan dahulu “”. Hal ini sangat penting karena berhubungan dengan jumlah dan type barang yang harus kita beli dan tentu besarnya anggaran yang harus dikeluarkan.Sebagai contoh dan sekaligus menjawab pertanyaan seorang sahabat di Cilacap Jawa Tengah yang minta saran membangun satu set sound system kecil untuk keyboard tunggal (seorang player Keyboard, MC dan 3 orang penyanyi).- 2 buah Power Amplyfier, daya 2 x 1000 watt atau lebih.Satu buah untuk monitor di panggung dan yang satunya lagi untuk keluar.- Audio Mixer minimal 8 channel atau lebih- 4 buah microphone plus kabel @10 meterDengan asumsi semua penyanyi tampil dan satu microphone dipegang MC.- 2 buah speaker monitor minimal 12 inch dilengkapi driver (Tweater) atau lebih baik yang 15 inch.

Sangat membantu bila mempergunakan keyboard power amplifier (Q-Up)- 4 buah stand microphone vocal (Tinggi)- Kabel speaker 2 set stereo x 15 meter untuk speaker luar dan 2 set stereo x 10 meter untuk speaker monitor.Hal ini diasumsikan panggung ukuran kecil yang biasanya 4 x 4 x 1 meter dan soundman/operator diatas atau samping panggung.Dalam hal ini untuk pemasangan speaker luar perlu cara khusus karena soundman/operator ada di dekat panggung. Dan di atas panggung hanya ada 2 buah speaker monitor jadi lebih baik pemasangan speaker luar berada tengah-tengah samping kiri kanan panggung dengan jarak tidak lebih 5 meter dari pinggir panggung (sedikit mengarah ke panggung).

hal ini untuk memudahkan pengontrolan audio dan menyeimbangkan suara di panggung.- Kabel jack to jack 4 bh (2 set stereo) x 1,5 meter. 1 set dari Output master audio mixer ke input power amplyfier luar dan 1 set dari output aux audio mixer ke power amplyfier monitor). Ditambah kabel jack to jack 2 bh (1 set stereo) x 10 meter untuk output keyboard ke Audio Mixer.- 1 unit Roll Kabel listrik minimal 6 lubang.Cara ini belum menggunakan peralatan tambahan standard lainya seperti ekualiser, crossover, sound effect.

Jadi untuk speker masih menggunakan system paralel antara low, mid dan high masing masing sayapnya. Dan jika ingin menningkatkan kualitas audio dengan peralatan seperti di atas, langkah pertama gunakan equaliser dan sound effect.

Dan untuk crossover gunakan pasif dulu kecuali jika sudah menggunakan PA pada masing masing kanalnya.Demikian semoga bermanfaat dan mohon ma'af jika banyak kekurangan.

Cara Set dan instalasi Peralatan Sound System Bagus

Cara Setting Sound System Lapangan. Cara Set dan instalasi Peralatan Sound System Bagus

Sebelum melakukan instalasi sound system di dalam sebuah ruangan atau gedung maka perlu persiapan khusus berdasarkan perhitungan akustik dapat anda simak pada uraian di bawah.Hal tehnis yang perlu diperhatikan tersebut antara lain meliputi;Berikut ini langkah-langkah yang dapat kita atur dalam penanganan danJika sebuah sound system akan diinstal dalam suatu ruangan, maka perlu menjadi petimbangan bagi kta adalah melihat kondisi ruangan (akustik ruang). Hal ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat penyerapan suara dalam ruangan tersebut.

Saat melakukan pantauan ini maka kita dapat mengetahui apakah ada pantulan atau gema apabila akan dipasang perangkat audio nantinya. Apabila timing pantulan lebih dari 4-6 detik, maka kita memerlukan beberapa peralatan sound system tambahan (dari segi tehnis) dalam mengatasi hal tersebut, misalkan mengurangi efek pantulan dengan meredam beberapa tone frekuensi di EQ.

Alternatif lainnya adalah dengan memasang bahan seperti karpet, papan (lemari), kursi dan meja di sekitar ruangan, namun hal ini diluar kewenangan kita sebagai pemilik rental sound karena gedung tersebut bukan tanggungjawab kita. Jadi kita hanya melakukan dari segi tehnis dari peralatan audio yang kita punya.Ada perbedaan antara menentukan tata letak speaker system di dalam gedung dengan tata letak speaker di posisi lapangan terbuka (tanpa ada gedung bertingkat yang terdekat dengan area tersebut). Oleh sebab itu saat akan melakukan penempatan atau pemposisian tata letak perangkat speaker dapat mendapatkan hasil yang sempurna dan artikulasi suara dari penceramah (pidato) bisa terdengar jelas. Operator merangkap penonton atau audien juga.Penempatan semua peralatan audio (terkecuali Power Amplifier dan semua Loudspeaker) seperti Console, Equalizer, Sound FX, Audio Distributor atau Loudspeaker Managemen System ditempatkan di depan area panggung (Operator FOH). Persiapan ini diperlukan sehingga saat mengeluarkan peralatan dari gudang anda dapat disesuaikan dengan kebutuhan acara tersebut.Uraian persiapan perangkat yang digunakan yang dapat dilakukan meliputi seleksi pada pemilihan Microphone, karakteristik pola sinyal microphone (Mic wireless atau Mic kabel) yang sesuai dengan kondisi tersebut.Catatan:Bila anda ingin melihat panduan setting sound lapangan silakan lihat artikel yang ada di situs.Baca juga artikel tentang :Mungkin anda ingin mengetahui harga speaker aktif segala merek di sini.Demikian yang dapat saya sampaikan dalam halaman berjudul Instalasi Sound System indoor ini, semoga dapat menambah wawasan kita semua dalam proses pengenalan dan instalasi peralatan sound.Terimakasih atas kunjungan anda.

SOUND SYSTEM MONO

Bisa coba rangkain dibawah ini... (tp ak blom tahu bagus atau tidak, aku jg belum pernah coba). Kalau tanpa tambahan rangkaian.. (tp boros line input). Kalau inputnya mono (misal dari mic) tinggal panpot nya aja diset ditengah.

Kalau input stereo masukan ke line in yang mono (jangan yang stereo) , jadi butuh 2 linein tiap input stereo (misal dvd atau organ) panpot nya jg diset ditengah. Edit : maaf gambar skema aku rubah... Bisa coba rangkain dibawah ini... (tp ak blom tahu bagus atau tidak, aku jg belum pernah coba)Kalau tanpa tambahan rangkaian.. (tp boros line input)1.

Kalau inputnya mono (misal dari mic) tinggal panpot nya aja diset ditengah.2. Kalau input stereo masukan ke line in yang mono (jangan yang stereo), jadi butuh 2 linein tiap input stereo (misal dvd atau organ) panpot nya jg diset ditengah.

out mixer R/L otomatis sudah mono...Edit : maaf gambar skema aku rubah...

Mungkin anda masih bingung bagaimana cara menyetel suara vokal pada Equalizer di Mixer dan eksternal EQ atau setting Microphone system agar terdengar kuat dan jelas di Speaker system setelah melalui p

Cara Setting Sound System Lapangan. Mungkin anda masih bingung bagaimana cara menyetel suara vokal pada Equalizer di Mixer dan eksternal EQ atau setting Microphone system agar terdengar kuat dan jelas di Speaker system setelah melalui p

Respon Frequency Audio Frekuensi terendah dan tertinggi yang dapat didengar oleh telinga manusia umumnya dianggap sekitar kurang lebih 20Hz - 20 KHz. Microphone ini juga bisa dipakai oleh narasumber dalam sebuah pertemuan yang dipasang pada kerah bajunya dengan cara menggunakan jepitan. Microphone ini juga bisa dipakai oleh narasumber dalam sebuah pertemuan yang dipasang pada kerah bajunya dengan cara menggunakan jepitan.

Untuk mengetahui seberapa besar sebuah buah kanal (Monaural dan Stereo Channel) yang masuk ke bagian penjumlah ini dapat anda ketahui dengan cara menekan PFL tadi. Dalam sound system rental khusus wedding party (Solo Keyboardist), maka pemain dan penyanyi membutuhkan Speaker Monitor untuk memandu mereka bermain musik yang berada di panggung.