Lazada Otomotif Offer

Komponen Starter Dan Fungsinya

  • Diterbitkan : 09 Dec 2022

Komponen Starter Dan Fungsinya. Sebuah piranti mekatronika yang menyatukan mekanikal dan energi kelistrikan agar mesin motor menjadi hidup. Bentuk dari komponen ini seperti tabung, fungsi starter solenoid sebagai penggerak drive pinion dan memberi tegangan pada motor utama. Komponen motor starter yang satu ini bekerja dengan memanfaatkan gaya elektromagnetik di dalam coil. Komponen motor starter yang satu ini berfungsi menghubungkan pergerakan pull in coil ke drive lever.

Komponen ini memiliki fungsi utama sebagai pembangkit medan magnet agar direspon oleh kemagnetan field coil, sehingga terjadi pergerakan. Komponen ini bekerja dengan mengadopsi sistem kerja tuas, drive lever akan mengungkit pinion gear agar terdorong ke arah berlawanan. Bentuknya seperti tabung dan berbahan logam, karena tugas utamanya melindungi seluruh komponen dari motor starter. Komponen motor starter tipe konvensional memanfaatkan satu pinion gear yang terhubung ke flywheel, saat driver lever digerakkan oleh pull in coil. Perawatan harus diperhatikan, agar tidak mengganggu kondisi mesin dan bisa berakibat fatal pada keselamatan pengendara.

8 Komponen Starter Mobil, Cara Kerja, dan Jenis Starter

Komponen Starter Dan Fungsinya. 8 Komponen Starter Mobil, Cara Kerja, dan Jenis Starter

Fungsi dari solenoid adalah melepaskan dan menghubungkan gigi pinion untuk mencapai ring gear flywheel. Fungsi utamanya adalah menggerakkan drive pinion dan juga memberi tegangan pada motor utama.

Sikat pada komponen starter mobil berfungsi sebagai pengalir tenaga listrik dari kumparan medan menuju armature. Setelah sampai di armature, tenaga listrik akan disalurkan kembali melalui komutator menuju massa. Tenaga magnet ini dibangkitkan dari tembaga berbentuk lempengan agar arus listrik yang besar tetap dapat melewatinya.

Fungsi kopling starter ini adalah untuk meneruskan daya putar dari armature shaft ke fly wheel. Cara kerjanya adalah memutar balikkan komponen gigi pinion ketika putaran mesin terlalu tinggi. Fungsi dari komponen ini adalah mendorong gigi pinion agar bisa berkaitan dengan fly wheel ketika tombol starter dihidupkan. Tujuannya agar flywheel dapat terhubung pada putaran motor starter secara elektrikal sesuai arah arus listrik.

8 Komponen Sistem Starter Dan Fungsinya

Komponen Starter Dan Fungsinya. 8 Komponen Sistem Starter Dan Fungsinya

Fungsinya ada dua yaitu sebagai relay yang mengalirkan arus listrik yang besar ke motor starter, dan untuk menghubungkan dan melepaskan pinion dengan flywheel. Kalau sepeda motor kita bisa menggunakan kick starter.Tetapi sekarang mesin dilengkapi dengan sistem starter, yang membantu memutarkan engkol pertama kali ketika mesin ingin kita hidupkan.Dewasa ini motor starter sudah semakin kecil, karena memang ada beberapa motor starter yang menggunakan gigi reduksi.

Bentuknya silinder dan merupakan dudukan buat lilitan starter (field coil).Didalam yoke ini terdapat inti besi (pole core). Fungsinya untuk membangkitkan medan magnet.Pada motor starter, umumnya menggunakan empat (4) field coil yang berarti mempunyai empat (4) core.Armature ini sering kita kenal sebagai angker (semoga tulisannya bener).

Dan juga terdapat komutator atau yang pernah kita dengar dengan istilah cincin belah.Fungsi dari armature adalah untuk merubah energi mekanik dalam bentuk gerak putar. Hal inilah yang menyebabkan armature berputar.Brush atau sikat dibuat dari bahan tembaga lunak.

Untuk fungsinya adalah meneruskan arus listrik dari lilitan (field coil) ke armature coil.Fungsinya untuk perngereman armature setelah starter bekerja dan pinion lepas dari flywheel.Drive lever ini adalah tuas pengungkit agar pinion gear terdorong ke flywheel saat magnetic switch bekerja.Fungsinya untuk mencegah starter ikut berputar dengan mesin.

14 Komponen Motor Starter : Gambar Dan Fungsi Lengkapnya

Komponen Starter Dan Fungsinya. 14 Komponen Motor Starter : Gambar Dan Fungsi Lengkapnya

Keseluruhan komponen motor starter tergabung kedalam satu piranti elektronik dimana menggabungkan prinsip elektrikal dan mekanikal. Sebenarnya untuk prinsi kerja sistem starter adalah dengan memutar poros dari engkol mesin sehingga memicu pembakaran. Untuk lebih memahami, kami akan memberikan informasi komponen motor starter beserta gambar dan fungsinya dibawah ini. Terbuat dari tembaga, field coil mampu menghantarkan arus listrik yang kemudian dihubungkan ke armature dengan rangkaian seri.

Brush secara langsung mengirimkan aliran arus listrik yang berasal dari terminal 50 ke bagian armature coil dimana berputar via commutator. Ketika motor atau mobil di starter maka semua komponen diatas akan bekerja untuk menghasilkan daya ke poros dari engkol mesin sehingga dapat berputar.

BEGINI CARA KERJA, FUNGSI DAN KOMPONEN MOTOR STARTER SERTA CARA MERAWATNYA

Komponen Starter Dan Fungsinya. BEGINI CARA KERJA, FUNGSI DAN KOMPONEN MOTOR STARTER SERTA CARA MERAWATNYA

Saat ini seluruh kendaraan telah menggunakan sistem starter untuk menghidupkan mesin motor atau mobil karena fungsinya yang sangat praktis dan efisien. Solenoid plunger merupakan komponen pada motor starter yang memiliki fungsi untuk menghubungkan pergerakan pull in coil ke drive lever.

Komponen ini terbuat dari tembaga sehingga mampu menghantarkan arus listrik dengan sangat baik untuk dihubungkan ke armature melalui rangkaian seri. Komponen ini memiliki fungsi utama sebagai pembangkit medan magnet agar direspon oleh kemagnetan field coil, sehingga terjadi pergerakan. Motor starter tipe konvensional memanfaatkan satu komponen pinion gear yang terhubung ke flywheel ketika driver lever digerakkan oleh pull in coil. Sebab jika aki kurang dari batas normal akan sangat berpotensi untuk terjadi kerusakan dan tidak mampu menghasilkan daya yang kuat alias lemah. Jika mesin sulit menyala pada saat melakukan starter maka jangan memaksakan untuk melakukannya, karena dapat menyebabkan dinamo menjadi panas dan mengalami kerusakan.

Komponen-Komponen Motor Starter dan Fungsinya

Komponen Starter Dan Fungsinya. Komponen-Komponen Motor Starter dan Fungsinya

Magnetic switch atau saklar magnet terdiri dari kontak plate yang terhubung dengan plunger. Plunger pada magnetic switch digulung dengan dua kumparan, kumparan bagian dalam dibuat menjadi lebih tipis atau disebut dengan kumparan pull in coil sedangkan kumparan bagian luar dibuat lebih tebal dan disebut dengan hold in coil. Kumparan pull in coil dihubungkan ke massa melalui field coil dan armature sedangkan kumparan hold in coil dihubungkan langsung dengan massa.

11 Komponen Motor Starter + Gambar dan Fungsinya

Komponen Starter Dan Fungsinya. 11 Komponen Motor Starter + Gambar dan Fungsinya

Komponen pertama bisa anda lihat pada bagian yang berbentuk seperti tabung diatas motor utama. Komponen ini diberi nama solenoid starter karena terdiri dari coil/kumparan.

Fungsi utama Solenoid starter adalah sebagai penggerak drive pinnion dan pemberi tegangan pada motor utama.Ada dua buah coil didalam solenoid yakni ;Pull in coil, komponen ini berfungsi mendorong plunger untuk menggerakan drive pinion.Hold in coil, merupakan komponen serupa yang terletak didepan pull in coil. Fungsinya untuk menahan pergerakan pull in coil dan menghubungkan arus baterai ke motor utama.Cara kerja solenoid starter ini. Kita tahu kalau listrik dialirkan melalui sebuah coil, maka akan terbentuk medan magnet dengan arah tertentu.

Medan magnet tersebut dimanfatkan untuk menggerakan drive pinion supaya pinion gear bisa bertautan dengan flywheel.Bentuk dari solenoid ini seperti coil, dimana sebuah inti besi diletakan ditengah lilitan tembaga. Namun lilitan ini memiliki jumlah yang besar dan dimensinya juga besar sehingga mampu menggerakan plunger dengan kuat dan cepat.

10+ Komponen Motor Starter Dan Fungsinya

Komponen Starter Dan Fungsinya. 10+ Komponen Motor Starter Dan Fungsinya

Motor starter pada umumnya tidak menggunakan magnet secara permanen untuk mendukung daya elektromagnetik melainkan menggunakan field coil.Field coil merupakan komponen yang terbuat dari tembaga.Fungsi field coil adalah menghantarkan arus listrik yang kemudian di salurkan ke armature dengan rangkaian seri. Merupakan komponen motor starter yang terletak di bagian depan atmature.Komponen ini berbentuk plat tembaga.Fungsi Commutator adalah untuk menghubungkan arus listrik dan brush ke arah kumparan armature.Komponen ini terhubung dengan arus positif dan juga negatif,maka commutator mampu mencegah terjadi konsleting atau hubungan arus pendek listrik.Lihat juga Pelindung Kabel Motor Dari Gigitan Tikus.

Armature coil adalah kumparan yang terletak di area sekitar poros motorik.Fungsi Armature coil adalah sebagai pembangkit medan magnet yang kemudian mengalir ke bagian field coil.Biasanya terbuat dari material tembaga.Ciri khas komponen ini memiliki banyak lilitan dengan diameter besar. Fungsi dari Drive Lever adalah sebagai penggerak komponen pinion gear.Bentuk dari drive lever adalah seperti garpu.Prinsip kerja komponen ini seperti tuas yaitu akan mengungkit tuas pinion gear ketika ujung lainnya sudah terdorong kearah berlawanan.

Mempunyai bentuk desain seperti roda gigi dan berada di ujung pinion shaft.Fungsi drive pinion gear adalah menghubungkan gaya putaran motor listrik terhadap poros engkol mesin melalui fly wheel.Walaupun memiliki diameter yang lebih kecil dari fly wheel akan tetapi mampu memutarkan poros engkol. Fungsi drive pinion clutch adalah untuk menyambung dan memutuskan putaran ke bagian fly wheel.Adanya komponen pinion clutch cukup vital sebab setelah kendaraan di starter hidup maka arus perlu di putus. Motor starter pada umumnya tidak menggunakan magnet secara permanen untuk mendukung daya elektromagnetik melainkan menggunakan field coil.Field coil merupakan komponen yang terbuat dari tembaga.Fungsi field coil adalah menghantarkan arus listrik yang kemudian di salurkan ke armature dengan rangkaian seri.Yoke terbuat dari material logam yang berbentuk silinder.Fungsi Yoke pada motor starter adalah untuk mengikat pole.Sedangkan untuk Pole mempunyai fungsi sebagai penopang komponen field core sekaligus memperkuat gaya magnet.Pada umumnya sistem starter mempunyai 4 Pole yang diikat dengan Yoke dengan menggunakan baut.Merupakan komponen motor starter yang terletak di bagian depan atmature.Komponen ini berbentuk plat tembaga.Fungsi Commutator adalah untuk menghubungkan arus listrik dan brush ke arah kumparan armature.Komponen ini terhubung dengan arus positif dan juga negatif,maka commutator mampu mencegah terjadi konsleting atau hubungan arus pendek listrik.Lihat jugaArmature coil adalah kumparan yang terletak di area sekitar poros motorik.Fungsi Armature coil adalah sebagai pembangkit medan magnet yang kemudian mengalir ke bagian field coil.Biasanya terbuat dari material tembaga.Ciri khas komponen ini memiliki banyak lilitan dengan diameter besar.Merupakan komponen motor starter yang memiliki fungsi sebagai pengerem ketika terjadi gear pinion lepas dari fly wheel.Manfaat lain dari Armature brake dapat memperpanjang usia pinion gear.Fungsi dari Drive Lever adalah sebagai penggerak komponen pinion gear.Bentuk dari drive lever adalah seperti garpu.Prinsip kerja komponen ini seperti tuas yaitu akan mengungkit tuas pinion gear ketika ujung lainnya sudah terdorong kearah berlawanan.Mempunyai bentuk desain seperti roda gigi dan berada di ujung pinion shaft.Fungsi drive pinion gear adalah menghubungkan gaya putaran motor listrik terhadap poros engkol mesin melalui fly wheel.Walaupun memiliki diameter yang lebih kecil dari fly wheel akan tetapi mampu memutarkan poros engkol.Fungsi drive pinion clutch adalah untuk menyambung dan memutuskan putaran ke bagian fly wheel.Adanya komponen pinion clutch cukup vital sebab setelah kendaraan di starter hidup maka arus perlu di putus.Fungsi solenoid starter adalah sebagai penggerak drive pinion dan memberikan tegangan pada bagian motor utama.Disebut solenoid karena komponen ini berbentuk kumparan dan terbagi menjadi 2 bagian yaitu: Pull in coil berfungsi mendorong komponen plunger agar menggerakan pinion.

Adalah komponen yang terletak diujung bagian pull in coil.Memiliki fungsi untuk menghubungkan gerak pull in coil dengan bagian drive lever.Secara fungsi hanya sebagai batang penghubung yang terbuat dari bahan tahan panas dan kuat dari tarikan pull in coil.Brush merupakan rangkaian sikat yang berfungsi menghubungkan arus dari bagian static conductor ke bagian dynamic conductor.Brush akan mengirimkan secara langsung aliran arus listrik yang berasal dari terminal 50 ke bagian Amature coil dimana berputar melalui commutator.BacaMerupakan saklar magnet yangbterhubung langsung dengan plunger.Fungsi magnetic switch untuk menghidupkan dan mematikan arus secara magnetic.Komponen ini biasanya disebut juga dengan wadah.Housing sendiri di gunakan untuk menempatkan berbagai macam komponen motor starter.Terbuat dari material logam dan berbentuk bulat.