Lazada Otomotif Offer

Tekanan Ban Mobil Ring 16

  • Diterbitkan : 21 Jan 2023

Tekanan Ban Mobil Ring 16. Nah berikut ini daftar tekanan ban mobil ring 14 dari ukuran-ukuran tersebut :. Ukuran bang ring 15 paling banyak dipakai pada mobil di Indonesia.

Beberapa mobil di Indonesia ada yang menggunakan ban berdiameter 15 inci. Ban ring 15 umumnya dipakai mobil jenis sedan atau small SUV. Selanjutnya yang akan kami jabarkan adalah mengenai berapa saja tekanan ban mobil ring 16.

Daftar terakhir yang akan kami berikan adalah tekanan angin ban mobil ring 18. Perlu diingat, untuk memastikan berapa tekanan angin ban yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil, maka lihatlah pada stiker tabel tekanan angin ban yang ada di pilar pintu pengemudi atau buku petunjuk pemilik kendaraan.

Daftar Tekanan Ban Mobil Ring 15 sampai 18, Jangan Bingung Biar Selamat

Tekanan Ban Mobil Ring 16. Daftar Tekanan Ban Mobil Ring 15 sampai 18, Jangan Bingung Biar Selamat

Setiap pengguna mobil harus mengecek secara rutin tekanan ban mobilnya agar performanya tetap terjaga. Jika tekanannya berlebihan, maka fungsi rem pada mobil tidak bisa bekerja secara maksimal, khususnya saat berkendara di jalan yang licin atau basah.

Beberapa dampak negatif bisa terjadi, mulai dari suspensi menjadi keras, mobil dapat kehilangan kendali, serta meningkatkan risiko ban meledak. Di sisi lain, tekanan angin ban mobil yang ideal dapat dipengaruhi oleh beragam faktor.

Jika harus memuat 7 orang penumpang, maka tekanan angin ban belakang mobil tersebut sebaiknya dinaikkan menjadi 36 psi. Jika ban dalam keadaan panas setelah digunakan di jalanan yang terik, maka pengukuran tekanan angin bannya tidak bisa akurat.

Tekanan Angin Ban Mobil yang Ideal, Waspada Salah Ukuran

Tekanan Ban Mobil Ring 16. Tekanan Angin Ban Mobil yang Ideal, Waspada Salah Ukuran

Kedua faktor ini memiliki peran yang cukup krusial untuk menjaga keselamatan dan keamanan kita selama berkendara. Misalnya, besaran tekanan angin pada ban belakang dan depan mobil Toyota Kijang Innova idealnya adalah 33 psi. Selain menggunakan alat, informasi tentang tekanan angin ban mobil yang ideal (Tire-Loading Information) juga dapat dilihat pada frame pilar di bagian pintu pengemudi. Kita tetap harus memperhatikan ukuran angin ban mobil yang jarang digunakan atau sering terparkir di garasi tersebut minimal satu bulan sekali. Kebiasaan yang keliru bila kita mengukur tekanan angin dengan metode menekan ban mobil dan memperkirakan apakah tekanannya berkurang atau tidak. Kebiasaan buruk pengendara saat ini adalah membawa penumpang dan barang bawaan yang memiliki berat hampir sama sehingga muatan mobil melebihi kapasitas.

Kendati demikian, bila memerlukan membawa muatan berlebih maka konsultasikan terlebih dulu dengan teknisi di bengkel mobil resmi mengenai ukuran tekanan angin ban yang sesuai.

Ukuran Angin Ban Mobil yang Sesuai dan Aman

Tekanan Ban Mobil Ring 16. Ukuran Angin Ban Mobil yang Sesuai dan Aman

Jika hendak ingin mengisi tekanan. mobil, perlu diketahui terlebih dahulu mengenai. ukuran angin ban mobil.

. Ukuran angin tidak boleh sembarangan dan memiliki aturan tersendiri.

Kondisi angin ban mobil harus ideal agar tidak berakibat negatif pada fisik ban mobil.

Jangan Salah Isi, Begini Cara Menentukan Ukuran Angin Ban Mobil

Tekanan Ban Mobil Ring 16. Jangan Salah Isi, Begini Cara Menentukan Ukuran Angin Ban Mobil

Ukuran angin ban mobil adalah salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan oleh para pemilik kendaraan. Adapun cara membaca kode yang terdapat pada buku manual atau plakat bisa Anda lakukan dengan langkah berikut ini.

Selain P ada juga kode lainnya yang umum ditemui seperti R (Radial), LT (Light Truck), ST (Special Trailer - untuk mengangkut barang muatan), T (Temporary - ban cadangan). Dua angka selanjutnya setelah satu huruf menunjukan diameter velg yang dihitung dalam ukuran inci. Selain itu, tekanan ban mobil yang rendah bisa berakibat fatal seperti meningkatkan risiko kecelakaan akibat daya atau rem tidak bekerja secara optimal, khususnya ketika Anda melaju di jalanan yang basah atau licin. Antara lain yaitu berat kendaraan, ukuran ban, dan kondisi jalan yang akan dilalui.

Adapun untuk ban mobil dengan ring 20, digunakan oleh beberapa merk seperti Subaru Ascent, Toyota Land Cruiser, Lexus LS, Mercedes Benz E-Class, Volvo S90, Mazda CX-9. Merk mobil yang menggunakan ring 21 contohnya seperti Subaru Forester, Toyota 4Runner, Volkswagen Arteon, BMW 7 Series, Lexus LS, Volvo XC90. Lakukan pengecekan tekanan ban setidaknya sebulan sekali atau setiap kali akan bepergian jauh.

Berapa Ukuran Tekanan Angin Ban Mobil yang Ideal?

Tekanan Ban Mobil Ring 16. Berapa Ukuran Tekanan Angin Ban Mobil yang Ideal?

Pada pilar bagian dalam, tepatnya di sebelah kanan bawah jok pengemudi terdapat stiker kotak bertuliskan informasi mengenai tekanan ban. Jadi, jika dengan 7 orang penumpang maka tekanan ban belakang mobil Toyota All New Kijang Innova tadi harus dinaikkan menjadi 36 Psi. Jika kurang, jangan ragu untuk menambahkan angin pada ban dengan pas karena memang terhitung wajib dilakukan pemilik kendaraan. Berikut ini adalah dampak negatif yang bisa muncul apabila kondisi tekanan angin ban mobil kurang atau berlebih. Apabila tekanan angin ban berlebihan, maka fungsi rem pada mobil tidak bisa bekerja secara maksimal, terutama di jalan yang basah atau licin.

Daftar Ukuran Tekanan Angin Ban Mobil Sesuai Ukurannya

Tekanan Ban Mobil Ring 16. Daftar Ukuran Tekanan Angin Ban Mobil Sesuai Ukurannya

Sebagai yang punya kendaraan, kamu wajib tahu kalau setiap jenis mobil memiliki ukuran tekanan angin ban berbeda. Ban mobil ring 18 umumnya digunakan oleh kendaraan yang lebih besar dan memiliki ground clearance cukup tinggi.

Jika tekanannya berlebihan, maka pengereman tidak maksimal, terutama saat mobil dipacu di jalanan yang basah atau licin. Maka dari itu, perlu diketahui apakah tekanan angin ban kamu sudah sesuai atau tidak dengan standar yang ditentukan pabrik. Nah, sebagai pemilik kendaraan, kamu diharapkan bisa mencontoh besaran tekanan angin pada ban tersebut untuk pengisian di kemudian hari. Salah satu hal yang harus dilakukan jika kamu menginginkannya adalah dengan rutin mengecek tekanan angin ban. Penting bangi kamu mempunyai asuransi mobil yang bisa memberikan ganti rugi jika kendaraan mengalami kerusakan, baik rusak parah atau sekadar lecet, dan hilang.