Lazada Otomotif Offer

Penyebab Mesin Cepat Panas

  • Diterbitkan : 23 Jan 2023

Penyebab Mesin Cepat Panas. Untuk mencegahnya, AutoFamily perlu memahami terlebih dahulu beberapa penyebab mesin mobil cepat panas. Salah satu penyebab mesin mobil panas dengan cepat pada umumnya disebabkan oleh rusaknya radiator.

Jika selang radiator bocor menjadi penyebab masalah pada mesin, Anda harus membawa mobil ke bengkel resmi terpercaya. Penyebab mesin mobil cepat panas selanjutnya bersumber dari oli yang tidak sesuai standar. Oli dengan kualitas yang buruk akan cenderung tidak tahan panas, sehingga cepat menguap. Oleh karena itu, Anda harus waspada ketika ada yang menawarkan oli dengan harga murah. Fungsi thermostat adalah untuk bekerja sama dengan radiator dalam mengukur suhu mobil. Saat thermostat terganggu, maka tidak ada lagi yang mengatur masuk-keluarnya air dari radiator ke mesin.

Lalu, bagaimana jika beberapa komponen mobil Anda sudah terlanjur rusak atau usang? Apabila saat ini Anda masih bingung mencari layanan jasa service mobil berkualitas, jangan khawatir!

Penyebab Mesin Motor Kamu Cepat Panas Padahal Rutin Servis

Penyebab Mesin Cepat Panas. Penyebab Mesin Motor Kamu Cepat Panas Padahal Rutin Servis

Jika mesin terlalu panas, tarikan motor jadi kurang oke, bahkan malah semakin lemot meski gas ditarik sampai mentok. Overheat adalah tingkat suhu yang melewati batas normal pada komponen mesin.

Tapi, jika mesin tiba-tiba panas dan tercium pula bau sangit maka bisa melakukan pemeriksaan sistem pendingin. Perlu dilakukan pemeriksaan pada pendingin udara atau radiator, cek volume airnya dan lakukan pembersihan serta mengganri cairan yang baru.

Ada beberapa motor yang menggunakan pendingin radiator dan dilengkapi cooling fan. Letak cooling fan ini ada dibelakang radiator dengan ukuran yang kecil dan digerakan oleh energi listrik.

Kipas ini, akan berputar hanya ketika suhu mesin mulai melebihi batas normalnya. Ini bukan tanpa alasan, saat motor menanjak maka beban piston untuk bergerak naik turun akan semakin besar. Hal itu membuat penurunan RPM mesin meski katup gas kita buka pada posisi yang sama.

Kondisi lalu lintas yang macet ditambah jarak tempuh mencapai ratusan kilo membuat kinerja mesin jadi lebih ekstra.

14 Penyebab Mesin Motor Cepat Panas & Cara Mengatasi 2023

Penyebab Mesin Cepat Panas. 14 Penyebab Mesin Motor Cepat Panas & Cara Mengatasi 2023

Yang dimana sensor ini akan bekerja untuk menyelaraskan kinerja dari komponen pendingin mesin secara maksimal. Karena disini akan kami bahas secara detail beberapa penyebab mesin motor cepat panas lengkap dengan cara mengatasinya. Ketika kipas tersebut tidak berputar dengan semestinya sudah bisa dipastikan ini menjadi penyebab mesin motor cepat panas.

Maka dari itu kondisi ECU yang rusak juga akan menjadi salah satu penyebab mesin motor cepat panas. Maka dari itu ketika kondisi sirkulasi oli yang kurang baik, juga akan menjadikan mesin motor cepat panas.

Bukan hanya dilihat dari jarak tempuhnya, namun kondisi mesin motor yang sering panas juga bisa di sebabkan karena seringnya membawa beban berat. Adapun penyebab mesin motor kalian cepat panas juga bisa terjadi karena adanya kesalahan pada setingan bahan bakar yang terlalu irit.

6 Penyebab Mesin Motor Cepat Panas, Bikers Wajib Tahu

Penyebab Mesin Cepat Panas. 6 Penyebab Mesin Motor Cepat Panas, Bikers Wajib Tahu

Nah, tentu ada baiknya mengetahui apa saja kira-kira penyebab mesin motor cepat panas. Trik klasik yang digunakan banyak pengendara motor adalah menyetel agar konsumsi bahan bakar bisa lebih hemat. Jadi agar lebih awet, pastikan pengaturan konsumsi bahan bakar tidak sampai tingkat yang terlalu irit. Pasalnya, ketika sudah mencapai masa pakai maksimal, oli akan menurun kemampuan pelumasan dan pendinginannya. Baca Juga: Polisi Purwakarta Lakukan Ini Untuk Cegah Aksi Geng Motor.

Mesin Mobil Cepat Panas? Ini Penyebab dan Solusinya

Penyebab Mesin Cepat Panas. Mesin Mobil Cepat Panas? Ini Penyebab dan Solusinya

Mesin mobil cepat panas atau yang sering disebut dengan overheat bisa terjadi kapanpun dan menimpa siapa saja. Jika sudah terlanjur, kita perlu tahu apa saja penyebab mesin mobil cepat panas agar bisa mengambil langkah yang tepat. Apabila air radiator kurang, maka coba untuk menambah volumenya dan lihat apakah temperatur stabil atau tidak.

Penyebab mesin mobil cepat panas ketika AC hidup adalah kerusakan pada kipas pendingin yang ada di radiator. Ketika kipas ini rusak, maka akan terjadi masalah pada sinyal yang dikirim ke Electric Control Unit (ECU). Jadi untuk menghindari masalah tersebut maka pastikan Anda menggunakan BBM sesuai dengan jenis oktan yang direkomendasikan oleh pabrikan.

Sebab, membuka tutup radiator saat mesin mobil masih panas dapat mengakibatkan uap dan air bertekanan tinggi lepas sehingga bisa menimbulkan luka bakar serius jika terkena tangan. Semakin tinggi derajat suhu AC, mobil akan bekerja lebih ekstra untuk mengubah udara kabin menjadi dingin. Gunakan situs Otoklix untuk menemukan bengkel terpercaya yang bisa membantu membereskan masalah overheat mesin mobil.