Lazada Otomotif Offer

Komponen Rem Cakram Motor

  • Diterbitkan : 24 Jan 2023

Komponen Rem Cakram Motor. Ada banyak sekali komponen yang membantu kinerja rem cakram agar bisa menghentikan laju kendaraan secara maksimal. Kita wajib mengetahui semua komponen rem cakram agar nantinya bisa melakukan perbaikan tanpa perlu datang ke bengkel.

Ventilated disc memiliki ketebalan yang lebih kecil, namun di sekitar piringan terdapat banyak lubang sebagai ventilasi. Fixed caliper, memiliki dua buah piston yang akan bergerak berlawanan saat mendapatkan tekanan hidraulik. Fungsi dari komponen ini adalah untuk membuang kandungan udara yang ada dalam sistem hidraulik rem. Dengan demikian tatkala pedal ditekan, maka tekanan itu akan terkompresi oleh udara didalam sistem hidraulik. Perhatikan bila oli rem tersebut pelan dan sedikit berarti masih ada udara yang terjebak di dalamnya. Sedangkan bila oli rem keluar dengan semprotan yang cukup deras tandanya udara di dalam sistem pengereman sudah hilang.

Kotoran bisa bikin part di kaliper kerjanya tidak optimal, caranya bersihkan seluruh komponen dikaliper rem. Dalam membersihkan bagian ini anda harus melepas seluruh part yang terdapat pada kaliper rem.

12 Komponen Rem Cakram Mobil, Cara Kerja dan Fungsinya

Komponen Rem Cakram Motor. 12 Komponen Rem Cakram Mobil, Cara Kerja dan Fungsinya

Piston brake posisinya berada di dalam kaliper yang bentuknya menyerupai tabung dengan ujung desain groove atau lekukan untuk menyimpan karet pelindung debu. Beberapa piringan terbuat dari komposit matriks keramik atau karbon yang biasanya digunakan oleh mobil mewah dengan kecepatan tinggi.

Kondisi ini memungkinkan roda tidak akan tertarik ke salah satu arah, baik kiri atau kanan pada proses pengereman. Hal ini menjadi alasan mobil dengan bobot berat tidak menggunakan rem cakram atau disc brake dalam sistem pengeremannya. Namun jika ada salah satu komponen yang bermasalah atau perlu diganti, OtoFriends harus segera service di bengkel terdekat.

Komponen Rem Cakram Motor Lengkap dengan Fungsi-fungsinya!

Komponen Rem Cakram Motor. Komponen Rem Cakram Motor Lengkap dengan Fungsi-fungsinya!

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa sistem pengereman merupakan fitur penting pada sebuah kendaraan, termasuk motor. Pasalnya tipe yang satu ini sudah digunakan hampir pada setiap kendaraan roda dua alias motor. Sementara itu, prinsip kerja rem sendiri adalah memanfaatkan perubahan gaya gerak pada roda agar menjadi energi panas.

Sebenarnya fungsi dari caliper ini juga tidak jauh berbeda lagi dengan master silinder pada jenis rem tromol. Untuk fixed caliper ini memiliki 2 buah piston yang bisa bergerak secara berlawanan ketika mendapat tekanan hidrolik. Komponen piston ini sendiri berfungsi untuk menerima tekanan hidrolik dari master silinder lalu menekan pada rem supaya terjadi proses pengereman. Beberapa komponen rem cakram motor seperti tadi juga perlu Anda rawat supaya keberadaannya tidak mudah rusak.

Komponen Rem Cakram Sepeda Motor : 10 Jenis Dan Pembahasan

Komponen Rem Cakram Motor. Komponen Rem Cakram Sepeda Motor : 10 Jenis Dan Pembahasan

Ada banyak komponen yang menolong performa rem cakram supaya bisa hentikan kecepatan kendaraan secara optimal. Untuk lebih jelasnya mengenai komponen rem cakram sepeda motor akan dibahas pada artikel berikut ini. Komponen ini mempunyai peranan sebagai medium untuk penekanan oleh kampas rem yang nanti akan memunculkan dampak pengereman.

Fungsi niple bleed yaitu untuk bikin kandung udara yang tidak senagja terikut pada metode hidrolik. Diatas adalah pembahasan mengenai beberapa komponen rem cakram sepeda motor yang penting buat anda kenali.

√ Komponen Rem Cakram : Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja

Komponen Rem Cakram Motor. √ Komponen Rem Cakram : Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja

Fungsi piringan adalah sebagai media yang digunakan untuk penekanan dari kampas rem agar dapat menimbulkan efek braking. Solid Disc, Piringan ini berbahan besi baja pula namun ketebalan yang dimiliki lebih besar dan tidak terdapat lubang disekitarnya. Singkatnya fungsi rem cakram adalah mengubah tekanan hidraulik yang masuk ke kaliper menjadi gerakan mekanis untuk menjepit brake pad. Sisi lain otomatis akan tertekan pula dikarenakan pada tipe floating, posisi caliper bisa bergeser untuk menekan brake pad. Komponen ini memiliki fungsi sebagai assist untuk meringankan penekanan pedal rem tanpa mengurangi daya pengereman yang ada. Dengan demikian tatkala sistem rem mengalami kekurangan fluida, maka akan ada informasi yang dapat kita ketahui.

20 Komponen Rem Cakram dan Fungsi-Fungsinya

Komponen Rem Cakram Motor. 20 Komponen Rem Cakram dan Fungsi-Fungsinya

Komponen Rem Cakram – Sistem pengerman pada sebuah kendaraan baik itu motor ataupun mobil merupakan bagian yang sangatlah penting keberadaannya sebagai bagaian dari pelengkap keamanan dan keselamatan dalam berkendara. Sekedar berbagi info saja, untuk cara kerja rem cakram sendiri terbagi menjadi beberapa bagian yang nantinya akan berkesinambungan satu dengan lainnya.

Pasanya komponen ini memiliki fungsi sebagai media penekanan oleh kampas rem yang nantinya akan menimbulkan efek breaking. Sementara floating caliper adalah komponen brake calpier yang dubuat melayang dengan tujuan untuk bisa beregerak ke arah kanan dan kiri.

Umumnya, komponen rem cakram yang satu ini akan selalu di hubungkan ke steering knuckle pada kendaraan roda empat alias mobil. Hanya saja dengan bentuknya yang tidak memungkinkan secara langsung di hubungkan maka munculah komponen tambahan berupa bracket.