Lazada Otomotif Offer

Kode Pada Ban Mobil

  • Diterbitkan : 29 Jan 2023

Kode Pada Ban Mobil. Buat sebagian orang kombinasi angka dan huruf yang tertera pada ban mobil mungkin tidak asing. Setelah tiga angka paling depan, kita akan menemukan garis miring sebagai pemisah kode.

Tidak hanya angka, kode ban juga terdiri dari huruf yang letaknya di tengah dan paling akhir. Lanjut ke dua angka yang muncul di belakang huruf, yaitu 15 (205/65R15 95H), merupakan kode penunjuk lebar diameter pelek dalam ukuran inci. Jika ingin tahu diameter pelek ban, Anda hanya perlu cek dua angka setelah huruf yang ada di tengah.

Kode itu hanya berfungsi sebagai tanda produksi untuk kepentingan internal perusahaan dan memberikan kamu informasi waktu pembuatannya. Keberadaan kode produksi dibutuhkan sebagai sebuah note production dari perusahaan ban yang memproduksinya dan standar lulus SNI di Indonesia.

Begini Cara Baca Kode Huruf dan Angka pada Ban Mobil

Kode Pada Ban Mobil. Begini Cara Baca Kode Huruf dan Angka pada Ban Mobil

Namun jangan ambil pusing, Anda bisa memahami jenis kode berupa angka dan huruf tersebut dengan perlahan. Seperti yang dikutip dari laman Daihatsu, ada berbagai macam arti kode pada ban mobil. Anda bisa menemukan ban dengan angka profil besar keseluruhan 70 untuk lebar tapak sebesar 165 mm. Kode selanjutnya bertuliskan angka 88, ini menunjukkan indeks beban berat maksimal yang dapat ditumpu oleh ban tersebut. Selain itu terdapat juga daftar kode ban mobil berupa huruf yang menunjukkan batas maksimal kecepatan.

Bagaimana Cara Baca Ukuran Ban Mobil yang Benar?

Kode Pada Ban Mobil. Bagaimana Cara Baca Ukuran Ban Mobil yang Benar?

Bagi yang sudah tahu, pasti akan sangat gampang untuk membaca serta memahami kode pada ban. Cara baca ukuran ban mobil ini sangat gampang, tinggal melihat angka dan huruf yang tercetak di sisi luar. Tidak hanya angka, kode ban juga terdiri dari huruf yang letaknya di tengah dan paling akhir. Lanjut ke dua angka yang muncul di belakang huruf, yaitu 15 (205/65R15 95H), adalah kode penunjuk lebar diameter velg ban dalam satuan inci.

Jika ingin tahu diameter velg ban, Anda hanya perlu cek dua angka setelah huruf yang ada di tengah.

Cara Membaca Kode Ban Mobil Dari Ukuran Sampai Tahun Produksi

Kode Pada Ban Mobil. Cara Membaca Kode Ban Mobil Dari Ukuran Sampai Tahun Produksi

Namun, tidak sedikit juga pengendara baru atau orang awam yang belum tahu tentang kode ban mobil dan artinya. Karena itu, ban menjadi salah satu bagian kendaraan yang kerap mengalami penggantian jika kondisinya sudah tidak prima lagi. Sebagai contoh, berikut adalah cara baca kode ban mobil dengan rangkaian nomor dan huruf P 205/65 R 15 94 H seperti yang tertera di bawah gambar ini. Berdasarkan ketentuan, angka 94 menunjukkan bahwa mobil yang dipasangi ban dengan kode tersebut mampu menahan total beban penumpang seberat 670 kg. Menurut informasi yang dikutip dari Carro.id, umumnya produsen mobil menentukan usia maksimal penggunaan ban selama 5 hingga 6 tahun. Meskipun sangat kecil, perbedaan detail pada ban mobil dapat berakibat signifikan seperti laju kendaraan yang tidak stabil.

Saat dikendarai di jalanan basah, pola tapak V juga cukup tangguh melibas medan tanpa khawatir adanya risiko tergelincir. Paparan terhadap oksidasi lingkungan, sinar matahari, cuaca, dan lain sebagainya, berkontribusi pada degradasi bahan yang memengaruhi kualitas ban kamu. Selain itu, kamu dapat menggunakan tanda-tanda di bawah ini untuk mengetahui apakah ban mobil sudah saatnya diganti:.

Arti Kode Ban Mobil dan Cara Membacanya

Kode Pada Ban Mobil. Arti Kode Ban Mobil dan Cara Membacanya

Pada bagian selanjutnya dari sebuah kode ban mobil maka OtoFriends akan melihat 2 angka setelah garis miring. Setelah huruf kedua, pada sebuah kode ban mobil maka OtoFriends akan melihat 2 angka setelahnya.

Angka pada bagian ini menunjukan diameter velg yang cocok dan bisa digunakan oleh ban tersebut. Jika pada bagian ini terdapat angka 14, maka ban tersebut cocok atau sebaiknya menggunakan velg dengan ukuran 14 inci. Huruf terakhir ini memiliki arti batas kecepatan maksimal dalam satuan km per jam yang sebaiknya OtoFriends ketahui agar dapat berkendara dengan aman dan nyaman.

Pemilik Mobil Wajib Tahu, Begini Cara Baca Kode Pada Dinding Ban Mobil

Kode Pada Ban Mobil. Pemilik Mobil Wajib Tahu, Begini Cara Baca Kode Pada Dinding Ban Mobil

GridOto.com - Setiap ban mobil dilengkapi kode pada dindingnya untuk memberitahukan spesifikasinya. Kode tersebut juga ada pada ban motor, tapi cara bacanya berbeda. Informasi yang diberikan antara lain adalah spesifikasi dan tahun produksi.

Langsung saja kita praktekkan, pada gambar dinding ban di atas, tertulis 205/55 R16 91 V Maksudnya adalah sebagai berikut:. 91 V = Angka 91 menunjukan indeks beban maksimum yang dapat ditumpu oleh ban. Sedangkan huruf V menunjukan speed rating, yaitu batas kecepatan maksimum yang direkomendasikan.

Arti Kode Ban Mobil dan Cara Membacanya

Kode Pada Ban Mobil. Arti Kode Ban Mobil dan Cara Membacanya

Tak hanya sebagai penggerak, ban juga memiliki peran penting terhadap keselamatan dan kenyamanan pengendara. Supaya mendapatkan keselamatan dan kenyamanan dapat dirasakan maksimal, tentu harus memilih ban yang tepat untuk mobil. Selanjutnya, ada angka 205 di sebelah kode “P” yang menunjukkan lebar tapak ban dalam satuan milimeter.

Ini menunjukkan konstruksi pada ban menggunakan lapisan Radial yang umum digunakan kendaraan penumpang untuk harian. Artinya, kode R14 misalnya, itu menunjukkan ban tersebut hanya bisa terpasang pada velg mobil yang juga memiliki ukuran 14 inci.

Berdasarkan ketentuan, angka seperti 95 menunjukkan, mobil yang dipasangi ban dengan kode tersebut mampu menahan total beban penumpang seberat 670 kg. Jika terdapat huruf H, artinya kecepatan maksimal yang dapat dicapai saat menggunakan ban mencapai 210 kilometer per jam.

Tidak hanya makanan yang memiliki kode pembuatan dan tanggal kadaluarsa, ban mobil juga punya. Pilih ban dari merek yang sudah terpercaya, seperti GT Radial, Achilles, Dunlop, GoodYear, hingga Yokohama.

Berbagai bengkel terpercaya untuk mengganti ban mobil dapat ditemukan di aplikasi Otoklix.

Arti Kode-Kode Pada Ban Mobil

Kode Pada Ban Mobil. Arti Kode-Kode Pada Ban Mobil

Pernahkah Anda bertanya, apa makna dari kode huruf dan angka yang terdapat pada sisi luar ban? Kasih satu contoh saja di Indonesia yang menggunakan pengukuran metric, kebanyakan ban standar dari pabrik tertera kode 185/65/R16 88H. Angka 185 menunjukkan kode lebar telapak ban yang memakai satuan ukur milimeter. Padahal makna kode R adalah keterangan konstruksi ban yaitu dibuat dengan teknik Radial.

Arti angka 88 adalah indeks beban maksimal yang mampu ditopang ban. Kemudian kode H adalah batas kecepatan yang dapat ditempuh dengan ban tersebut, yakni 210 km/jam.

Kode-kode tersebut sebagai panduan buat Anda jika sedang bingung dalam memilih ban yang tepat untuk mobil. >>> Untuk informasi lebih jelas tentang pengalaman, tips dan trik pemakaian mobil, klik sini.