Lazada Otomotif Offer

Jelaskan Fungsi Dari Sekring

  • Diterbitkan : 20 Jan 2023

Jelaskan Fungsi Dari Sekring. Fungsi sekring adalah sebagai alat pengaman untuk mencegah arus listrik yang terlalu besar masuk ke dalam rangkaian listrik. Alat ini berfungsi sebagai pengaman saat terjadi hubungan singkat (korsleting) atau kelebihan beban (pemakaian listrik melebihi daya yang dipergunakan). Sekring selalu dipasang seri dengan alat listrik lainnya sebagai pengaman. Apa bila terjadi hubungan singkat atau korsleting, kuat arus seketika menjadi sangat besar. Hal ini berbahaya bagi peralatan listrik karena bisa rusak bahkan dapat mengakibatkan kebakaran. Saat arus yang masuk terlalu besar, sekring akan memutus aliran sehingga arus listrik tidak dapat masuk ke dalam rangkaian listrik.

Hubungan singkat dapat disebabkan kabel yang terkelupas dan saling menempel. Maka selalu matikan daya listrik saat terjadi banjir. Di zaman modern ini instalasi rumah tangga sudah dipasangi pemutus daya yang berfungsi sebagai sekring.

Fungsi sekring adalah sebagai alat pengaman untuk mencegah arus listrik yang terlalu besar masuk ke dalam rangkaian listrik.

4 Jenis Fuse dan Fungsi-fungsinya pada Mobil

Jelaskan Fungsi Dari Sekring. 4 Jenis Fuse dan Fungsi-fungsinya pada Mobil

Termasuk sebagai fuse tipe cartridge, terdapat penutup di kedua ujung tabung yang terbuat dari kuningan atau tembaga serta berlapis chrome nikel. Jenis sekering ini memiliki ragam ukuran, namun untuk diameternya hanya ada ¼ inch atau sekitar 6,35 mm. Untuk kapasitas maksimal arus listrik dari Fuse Tabung Kaca yang Anda miliki, bisa dicek di bagian penutupnya.

Sama seperti Fuse Tabung Kaca, di bagian atas terdapat angka sebagai penunjuk batas maksimal arus listrik. Dengan mengetahui ragam jenis fuse dan fungsinya, AutoFamily sudah mengenal salah satu bagian penting dari mobil zaman sekarang.

Selain itu fuse juga berfungsi sebagai pengaman komponen elektronik lainnya yang sama-sama berada di dalam satu rangkaian listrik. Dengan fungsi yang bisa dirasakan oleh fuse, mobil akan terhindar dari masalah kerusakan di bagian kelistrikan, termasuk terbakar. Fuse akan mengecek aliran arus listrik yang ada di dalam sistem mobil sudah pas atau malah terlalu tinggi. Jika terlalu tinggi, maka arus listrik akan diputus dengan cara meleburkan kawat halus pelebur yang memang terdapat di dalam fuse.

Macam-macam Sekring Mobil dan Fungsinya - Panduan Pembeli

Jelaskan Fungsi Dari Sekring. Macam-macam Sekring Mobil dan Fungsinya - Panduan Pembeli

Sekring akan melindungi sistem kelistrikan mobil dari korsleting, dengan cara memutus aliran listrik ketika terjadi kelebihan arus. Ada beragam bentuk sekring mobil, mulai dari yang berbentuk tabung hingga model tancap. Umumnya sekring jenis ini dilengkapi dengan kaca bening pada bagian tengahnya, sementara di kedua ujungnya terdapat material tembaga yang dilapisi chrome nikel.

Selain kaca, bagian tengah sekring tabung juga ada yang terbuat dari bahan keramik. Namun, sekring tabung keramik tidak bisa dicek kondisinya dengan kasat mata apakah sudah rusak atau belum. Berbeda dengan tabung kaca yang transparan, sehingga kita bisa mengetahui apabila sekring sudah rusak. Sekring tancap memiliki bentuk kotak berbahan plastik transparan, ditambah dengan lempengan pisau/blade di bawahnya.

Warna plastik dari sekring tancap bermacam-macam dan menandakan kapasitas jumlah arus listrik yang dapat diterima. Ini dikarenakan sekring batu biasa digunakan pada mobil-mobil lama dari pabrikan Eropa seperti Mercedes-Benz dan BMW. Namun pada tahap ini, disarankan untuk mengecek kondisi semua sekring jika mobil mengalami isu listrik.

Fungsi Sekring pada Motor dan Jenis-jenisnya

Jelaskan Fungsi Dari Sekring. Fungsi Sekring pada Motor dan Jenis-jenisnya

Sebagai pemilik kendaraan sepeda motor, Anda perlu mengetahui komponen-komponen yang membantu jalannya. .

Salah satu komponen yang perlu diperhatikan oleh pengendara adalah sistem kelistrikannya.