Lazada Otomotif Offer

Gambar Rangkaian Lampu Sein

  • Diterbitkan : 20 Jan 2023

Gambar Rangkaian Lampu Sein. Mengapa harus mempelajari cara kerja sistem lampu sein dan hazzard ini? Lampu sein dan hazard yang dipasang pada kendaraan memiliki beberapa fungsi, antara lain:.

Sehingga kendaraan lain akan tahu dan dapat mengurangi resiko terjadinya kecelakaan. Berbeda dengan lampu hazard, dalam pengoperasiannya dapat menyala walaupun kunci kontak pada posisi off. Lalu apa saja komponen rangkaian lampu sein dan hazard pada mobil? Selain itu juga untuk menghubungkan flasher dengan lampu dan sumber tegangan dari baterai.

Lampu tanda belok biasanya berwarna kuning dengan ukuran daya yang relatif kecil. Selain itu, lampu indikator sein kanan pada panel dashboard juga akan menyala berkedip.

Komponen Rangkaian Lampu Sein Mobil dan Cara Kerjanya

Gambar Rangkaian Lampu Sein. Komponen Rangkaian Lampu Sein Mobil dan Cara Kerjanya

Lampu sein juga menjadi salah satu komponen keselatan berkendara yang penting, karena tentunya dapat menghindarkan pengemudi dari kecelakaan dengan pengendara lainnya. Untuk kamu yang ingin mempelajari tentang rangkaian kelistrikan lampu sein mobil, yuk simak ulasan berikut.

Memberi isyarat bagi pengendara lain bahwa kamu akan menyalip kendaraan di depan, sebaiknya gunakan lajur kanan untuk mendahului. Kunci kontak, ini adalah komponen yang bertugas sebagai penghubung antara rangkaian lampu sein mobil dan baterai. Saklar, adalah komponen yang memiliki fungsi untuk menghubungkan atau memutuskan arus listrik ke rangkaian lampu sein mobil. Apabila lampu sein menyala namun kedipannya terlihat redup atau bahkan mati, maka bisa jadi aki dalam kondisi lemah.

Rangkaian Kelistrikan Lampu Tanda Belok atau Sein-Teknisimobil.com

Gambar Rangkaian Lampu Sein. Rangkaian Kelistrikan Lampu Tanda Belok atau Sein-Teknisimobil.com

Untuk tahu lebih lanjut, silahkan baca: Jenis Flasher yang digunakan pada rangkaian kelistrikan otomotif. Bahkan lebih dari itu, pengendara mobil juga masih banyak yang belum mengetahui aturan dan etika.

Saat menyalakan sein kanan ketika ramai, hal ini sudah pasti akan membahayakan karena pengemudi bisa menjadi kaget. Penggunaan lampu sein pada dasarnya sudah diatur dalam Undang-Undang, yaitu Undang-Undang No 22, Tahun 2009, mengenai Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Dalam Undang-Undang menjelaskan bahwa mengaktifkan lampu sein yang benar adalah 30 meter sebelum kendaraan berbelok ke arah tujuan.

Selain itu pengemudi juga harus mengamati situasi lalu lintas yang berada di bagian depan, belakang, serta samping kendaraan sebelum memberi lampu sein. Hal ini untuk dapat memberitahu maupun memberi isyarat pada pengendara, baik di bagian depan atau belakang.

Etika menggunakan lampu tanda belok bukan hanya harus diketahui, tetapi dilakukan agar tercipta kenyamanan berkendara untuk pengguna jalan.

√ Rangkaian Lampu Sein Mobil : Cara Kerja & Fungsi

Gambar Rangkaian Lampu Sein. √ Rangkaian Lampu Sein Mobil : Cara Kerja & Fungsi

Dengan mengaktifkan lampu sein, maka pengguna jalan lain akan mengetahui kondisi mobil dan segera mengantisipasi kendaraanya sehingga terjadinya kecelakaan bisa dihindari. Sesuai judul artikel diatas, dikesempatan kali ini Spbukita akan membahas mengenai rangkaian lampu sein mobil.

Jadi bagi yang ingin mengetahinya, simak ulasan lengkap dari Spbukita mengenai rangkaian lamou sein mobil berikut ini. Karena pada saklar yang terhubung adalah saklar sein kanan, sehingga aliran listrik akan mengalir dari terminal 49 menuju terminal 49R kemudian ke lampu sein kanan (depan dan belakang).

Catatan : Lampu hazard tidak melewati kontak karena digunakan pada kondisi darurat saja, sehingga lampu hazard akan tetap menyala jika saklar diaktifkan meskipun kunci kontak pada posisi Off.

Rangkaian Lampu Kepala Mobil: Komponen, Cara Kerja dan Kerusakan

Gambar Rangkaian Lampu Sein. Rangkaian Lampu Kepala Mobil: Komponen, Cara Kerja dan Kerusakan

Dalam lampu kepala, arus listrik mengalir menuju saklar kombinasi dan juga dimmer switch. Komponen ini bisa mencegah terjadinya kerusakan di combination switch karena juga memiliki fungsi pengaman. Ketika Anda menyalakan lampu dekat atau memencet tombol “on”, maka arus listrik mengalir menuju jalur 56a. Lilitan di sekitar relay akan menjadi medan magnet dan membuat platina bekerja secara aktif. Untuk mengecek kerusakan yang terjadi pada rangkaian lampu mobil Anda bisa mengukurnya dengan tegangan baterai 12 volt. Jika masih baru, Anda bisa melakukan klaim garansi terhadap bohlam lampu yang telah dibeli.

Untuk mengecek rangkaian listrik, Anda bisa menggunakan DC tester dengan menghubungkan kabel kutub positif dan negatif pada bodi mobil.