Lazada Otomotif Offer

Alat Pengukur Ampere Aki

  • Diterbitkan : 20 Jan 2023

Alat Pengukur Ampere Aki. Untuk menentukan kondisi aki masih baik atau tidak, tentunya diperlukan alat-alat ukur yang spesifik dan mumpuni. Berdasarkan apa yang Akimo ketahui, untuk mengetahui kondisi aki secara menyeluruh, kita membutuhkan setidaknya 5 alat ukur yang diperlukan.Masing-masing alat ukur tersebut digunakan untuk mengukur tegangan aki, berat jenis cairan, suhu cairan elektrolit, besarnya tegangan jatuh (voltage drop), serta arus pengisian ke aki.

Nah apa saja sih macam-macam alat pengukuran aki mobil ini, simak informasi tentang nama-nama alat ukur aki mobil yang kerap digunakan di bengkel mobil dibawah ini.Multimeter adalah alat ukur yang bisa digunakan untuk mengukur Arus (Ampere), Tegangan searah (Direct Current), Tegangan Bolak-Balik (Alternating Current), dan Hambatan (Ohm meter).Namun, untuk pengukuran aki mobil, multimeter ini umumnya hanya digunakan sebagai alat tes tegangan listrik DC (Direct Current) aki mobil saja. Hal ini dikarenakan aki merupakan komponen yang mengalirkan arus dan tegangan searah (Direct Current) yang memiliki satuan DCVJadi, untuk melakukan pengukuran tegangan aki mobil, sobat harus memindahkan selector/knob multimeter ke arah DCV dengan nilai yang lebih tinggi dari nilai tegangan aki mobl tersebut, yaitu 50DCV. Thermometer digunakan bersamaan dengan Hidrometer saat melakukan pengukuran berat jenis cairan aki.Nama alat pengukur baterai yang selanjutnya adalah Battery Load Tester.

Sebenarnya, pengukuran aki mobil dengan menggunakan alat ampere meter ini lebih ditujukan pada arus output yang dikeluarkan oleh alternator, meskipun pada dasarnya, ampere meter ini adalah alat yg digunakan untuk mengukur arus listrik secara umum. Arus listrik output dari alternator ini akan dimasukkan ke dalam aki dan di gunakan sebagai tegangan pengisian.Artinya, Amper meter ini digunakan untuk mengukur arus dari alternator (dinamo ampere) apakah normal atau tidak, dimana setidaknya arus listrik yang masuk ke aki minimal sebesar 70% dari kapasitas Alternator yang digunakanAmper meter yang sebaiknya digunakan adalah Ampere meter yang menggunakan magnetic flux dalam pengukurannya, karena lebih efisien dan mudah dalam penggunaanya.Selain alat-alat ukur tersebut diatas, sebenarnya masih ada lagi alat pengukuran aki mobil yang lebih modern dan lebih mudah dalam penggunaanya, namun umumnya alat tersebut memiliki harga yang cukup mahal.Demikianlah informasi seputar macam-macam alat pengukuran aki mobil yang Akimo ketahui, semoga bisa bermanfaat.

Aki mobil berapa ampere? Begini Cara Mengukurnya yang Benar!

Alat Pengukur Ampere Aki. Aki mobil berapa ampere? Begini Cara Mengukurnya yang Benar!

Berikut ini adalah informasi tentang pentingnya mengetahui ukuran ampere aki mobil dan cara mengukurnya. Demikian pula bila lebih kecil dari seharusnya bisa memperpendek usia aki dan merusak alternator.

Akan tetapi, seiring usia pakai kendaraan, terkadang ada saja pengendara yang melakukan modifikasi atau menambah aksesoris kelistrikan. Bila, kebutuhan listrik mobil kamu atau dinamo starter membutuhkan 1.200 watt, apakah ukuran ampere aki segitu kurang dari yang dibutuhkan?

Artinya, untuk menyalakan dinamo starter berdaya 1200 watt, maka aki bisa kosong dalam waktu 24 menit. Dengan begitu bisa dimanfaatkan untuk mengetahui apakah aki perlu diisi ulang karena daya yang tersimpan berkurang atau tidak. Untuk itu, OtoCrew menyarankan agar kamu mempercayai pengecekan ampere aki ini ke bengkel terdekat saja.

Alat-alat ukur aki mobil yang sering digunakan

Alat Pengukur Ampere Aki. Alat-alat ukur aki mobil yang sering digunakan

Setidaknya, ada beberapa alat ukur elektrik otomotif yang digunakan untuk mengetahui kondisi aki mobil secara real time. Hidrometer berfungsi untuk mengukur berat jenis cairan elektrolit yang ada di dalam aki mobil.

Thermometer digunakan bersamaan saat kita menggunakan hidrometer untuk mengetahui kondisi berat jenis cairan elektrolit. Oleh karenanya digunakanlah battery load tester ini untuk mengetahui kondisi tegangan aki secara real-time saat digunakan dengan beban penuh seperti memutar motor starter atau menyalakan lampu headlamp. Satu hal yang tidak bisa dilakukan oleh alat ini adalah mengukur berat jenis cairan elektrolit aki.

Jual CONSTANT BA70 Battery tester ALAT UKUR AKI MOBIL SURABAYA - PT. Graphic Control - Surabaya , Jawa Timur

Alat Pengukur Ampere Aki. Jual CONSTANT BA70 Battery tester ALAT UKUR AKI MOBIL SURABAYA - PT. Graphic Control - Surabaya , Jawa Timur

Balas permintaan, buat penawaran, dan pantau purchase order yang masuk secara rutin di satu tempat.

Ukuran Tegangan Aki Normal Mobil Saat Full

Alat Pengukur Ampere Aki. Ukuran Tegangan Aki Normal Mobil Saat Full

Baterai atau aki merupakan sumber energi utama untuk perangkat kelistrikan mobil yang perlu diperhatikan detail. Pemilik mobil penting mengetahui tegangan aki normal saat full agar memahami kondisinya dan bisa melakukan langkah antisipasi.

Aki tiba-tiba mati karena ternyata sudah soak tanpa diprediksi bisa jadi momen menyebalkan sebab mesin mobil kemungkinan jadi tidak bisa dinyalakan, ataupun setelah dinyalakan dengan didorong -khusus mobil manual-, perangkat seperti AC, audio, lampu-lampu, dan alarm tidak bekerja optimal. Melansir dari Faulkner, besaran voltase atau tegangan aki normal mobil dalam keadaan mesin mati adalah 12.6 V hingga lebih sedikit. Pastikan letak aki di dalam mobil terikat dengan sempurna, sebab kelonggaran dapat menciptakan hubungan arus pendek atau korsleting. Hal sederhana dan mudah ini perlu menjadi kebiasaan yang harus dilakukan bagi pemilik mobil. Perangkat seperti lampu mobil bisa menyala tanpa mesin hidup, cara kerja ini untuk meningkatkan fungsionalitas namun mesti dipahami dapat menghabiskan energi aki apabila terlalu lama atau lupa dimatikan. Rasa sayang itu bisa ditunjukkan dengan membawa mobil rutin ke bengkel untuk pemeriksaan, misalnya mengikuti jadwal servis berkala sesuai rekomendasi yang biasanya termasuk pengecekan aki.

Cara Ukur Arus Dinamo Isi Menggunakan Tang Amper – OtomoTrip

Alat Pengukur Ampere Aki. Cara Ukur Arus Dinamo Isi Menggunakan Tang Amper – OtomoTrip

Salah satu contoh pada arus listrik dynamo starter (bahasa umum yang biasa di pakai) saat cranking. Berapa besar arus yang mengalir saat dynamo starter memutar mesin untuk beberapa saat atau beberapa detik, bisa dijadikan indikator kondisi motor starter tersebut. Alat yang praktis untuk mengetahui kemampuan dinamo isi mobil adalah clamp meter atau biasa kita sebut tang amper.Menggunakan amper meter analog kurang praktis karena kita harus melepas hubungan kabel.Tang amper akan menunjukan berupa angka digital berapa arus listrik yang mengalir dari Alternator secara langsung. Catatan: pengukuran arus listrik di atas menunjukan angka minus 35,3 Amper karena arah pengukuran yang salah akibat terbalik tang amper untuk mendapatkan foto gambarnya. Untuk mendapatkan hasil angka positif pada pengukuran di atas, tinggal dibalik posisi tang amper menghadap ke bawah. Cara mengukur kemampuan dinamo Amper seperti terlihat gambar diatas, dan kehati-hatian akan selalu diperlukan :.

Setelah alat sudah siap hidupkan mesin kemudian baca nilai arus listrik yang ditunjukan oleh Tang Amper digital tersebut. Kemudian beri beban pada Altenator dengan menghidupkan AC mobil serta lampu besar atau headlamp dan berapa hasil pengukuran arus listrik yang ditunjukan.

Seperti gambar diatas terlihat 35,3 Ampere saat melakukan pengukuran arus listrik pada Dinamo Isi / Alternator dengan beban Ac mobil dihidupkan dan Lampu besar di nyalakan.

Ini Caranya Mengukur Voltase pada Aki, Saking Gampangnya Bisa Sambil Kepoin Sosmed Mantan!

Alat Pengukur Ampere Aki. Ini Caranya Mengukur Voltase pada Aki, Saking Gampangnya Bisa Sambil Kepoin Sosmed Mantan!

Tapi tetap butuh pengecekan dan diisi ulang bila tegangannya mulai menurun. Hampir semua motor baru sudah mengusung teknologi injeksi dan dibekali aki kering.

Meski demikian aki perlu dicek tegangannya secara berkala. Caranya gampang kok untuk mengetahui kondisi aki yang masih bagus atau sudah waktunya.

(BACA JUGA : Video 3 Kecelakaan Maut Pembalap Road Race Yang Tewas Mengenaskan Di Arena Balap ). Pastikan kondisi tegangan aki normal antara 12-13 Volt.

Cara pengukurannya posisikan penunjuk MT pada posisi Voltmeter.