Lazada Otomotif Offer

Alat Jumper Aki Mobil

  • Diterbitkan : 21 Jan 2023

Alat Jumper Aki Mobil. Jangan lupa juga untuk mengaktifkan rem tangan agar mobil tetap pada posisinya. Seluruh sistem kelistrikan mobil pun harus dalam kondisi mati saat melakukan jumper. Bila kabel jumper telah terpasang pada masing-masing aki, maka kini Anda bisa masuk ke langkah selanjutnya. Mobil dengan komponen alternator yang masih baik biasanya tidak perlu waktu lama untuk jumper.

Setelah aki soak mendapatkan cukup tenaga untuk menghidupkan mesin, Anda bisa melepas kabel jumper. Lepaskan kabel kutub negatif (biasanya berwarna hitam) yang terhubung pada aki rusak terlebih dulu.

Harga Kabel Jumper Aki dan Cara Jumper Aki yang Benar

Alat Jumper Aki Mobil. Harga Kabel Jumper Aki dan Cara Jumper Aki yang Benar

Sebab, arus listrik ketika menyalakan mobil sangat tinggi sehingga harus menggunakan kabel berkapasitas besar. Kemudian, perhatikan posisi kutub terminal positif dan negatif dari kedua aki tersebut. Kemudian, hubungkan penjepit kabel jumper berwarna merah ke kutub positif (+) aki yang normal.

Selanjutnya, sambungkan penjepit kabel jumper warna merah lainnya di kutub aki positif (+) yang bermasalah. Apabila mesin mobil masih tidak bisa menyala, diamkan beberapa saat agar proses pengisian tenaga menjadi lebih banyak.

Cara Jumper Aki Mobil yang Perlu Kalian Tahu

Alat Jumper Aki Mobil. Cara Jumper Aki Mobil yang Perlu Kalian Tahu

Meskipun belum berani melakukannya sendiri, setidaknya kalian bisa membagikan pengetahuan tentang cara jumper aki mobil di saat darurat. Kemudian juga ada jenis baterai lithium ion, yang bentuknya compact dengan kapasitas besar dan bisa disimpan di dalam dashboard.

Ada pula jumper starter yang dilengkapi LED, dan masih banyak fitur lainnya sehingga perlu kalian perhatikan sebelum membelinya. Nah sebelum melakukan cara jumper aki mobil, salah satu hal yang patut untuk kalian perhatikan adalah persiapannya.

Meskipun ini cara jumper mobil, bisa dikatakan cukup mudah dilakukan, namun dibutuhkan persiapan agar tidak berakibat fatal. Akan tetapi kamu ternyata juga bisa melakukan jumper aki mobil pakai listrik rumah atau biasa disebut wall charging.

Penggunaan kabel khusus untuk jumper aki ini merupakan hal penting, sebab arus listrik pada saat menyalakan mobil sangat tinggi. Powerbank jumper aki memiliki teknologi Smart Clip sebesar 400 Ampere, yang bisa menghidupkan mobil berkapasitas mesin maksimum 2.500 cc.

Jika semua proses cara jumper aki di atas sudah selesai, maka seharusnya mobil kalian yang akinya soak bisa hidup kembali. Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia.

Cara Jumper Aki Mobil yang Soak dengan Aman

Alat Jumper Aki Mobil. Cara Jumper Aki Mobil yang Soak dengan Aman

Besar kemungkinan masalahnya adalah pada aki yang soak atau sudah habis umur pemakaiannya. Alat-alat seperti charger ponsel mungkin bahkan bisa jadi rusak ketika berlangsungnya proses jumper karena daya tegangan yang tidak stabil.

Paling penting, jangan pernah menghubungkan ujung klem kabel hitam atau negatif ke baterai mati karena berbahaya. Orang biasanya memakai cara ini yang dianggap aliran setrum lebih maksimal untuk memancing mesin mobil hidup. Anda mungkin perlu membiarkan mesin menyala selama beberapa menit untuk mengisi tenaga pada aki yang soak.

Jika mesinnya masih sulit menyala atau bahkan tidak ada reaksi sama sekali, cobalah diamkan dulu selama beberapa saat agar proses pengisian tenaga menjadi lebih banyak. Setelah mesin mobil yang mogok sudah berhasil dihidupkan, Anda dapat melepas kabel jumper.

Ketahui Cara Aman Jumper Aki Mobil yang Soak

Alat Jumper Aki Mobil. Ketahui Cara Aman Jumper Aki Mobil yang Soak

Peralatannya bisa dibilang cukup sederhana, yaitu kabel khusus jumper berkualitas baik beserta klemnya. Selain itu, pastikan semua kelistrikan pada mobil mati dengan cara mencabut kontak. Baca Juga: Bahaya Jika Diabaikan, Kenali Tanda Air Radiator Mobil yang Habis. Setelah kabel jumper sudah terpasang dengan baik, nyalakan mesin mobil donor terlebih dahulu.

Setelah mobil dinyalakan, tunggu beberapa menit agar aki yang soak dapat terisi kembali. Apabila setelah di jumper, aki mobil tak kunjung menyala, maka perlu dibawa ke bengkel.

Bagi kamu yang ingin melakukan proses penggantian aki mobil, sekarang lebih mudah lewat booking service di moservice.id!

Pengertian Jumper Aki Mobil hingga Cara Aman Melakukannya

Alat Jumper Aki Mobil. Pengertian Jumper Aki Mobil hingga Cara Aman Melakukannya

Namun, tentu Anda harus memahami apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan proses jumper pada kendaraan. Selalu persiapkan kabel ini di dalam kendaraan Anda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Jangan lupakan hal ini karena posisi kendaraan yang berubah akan mengganggu proses jumper aki mobil dan cukup berbahaya. Sebelum memulai proses yang terakhir, cek apakah tutup terminal pada baterai kotor atau tidak.

Ujung klem positif dan negatif lainnya selanjutnya bisa Anda hubungkan ke bagian kendaraan yang mati atau mogok. Anda bisa mempelajarinya baik-baik untuk pertolongan pada kendaraan mogok atau membantu orang lain yang membutuhkan saat berada di jalan.

Selalu persiapkan kabel jumper dan alat-alat pertolongan pertama lain karena Anda tidak akan tahu apa yang dapat terjadi di jalan.