Kelemahan Taft Hiline Long

  • Diterbitkan : 24 Nov 2022

Kelemahan Taft Hiline Long. Sementara itu, Daihatsu malah setia dengan 4X4 di keluarga Taft series termasuk Hiline ini, dimana opsi 4x2 hadir sebagai pelengkap. Kalau kalian doyan berkubang lumpur atau berjibaku di jalan tanah, maka jip alias SUV ladder frame dengan fitur 4X4 patut jadi pertimbangan.

Berbekal sasis ladder frame dan ground clearance tinggi, baik Terrano maupun Hiline mudah saja berjibaku di kubangan tanah. Terrano ini akhirnya kurang dilirik karena biaya operasionalnya yang cukup tinggi mengingat harga bensin lebih mahal dari solar. Untuk tipe 4X4 ini, perbedaannya ada di transmisi, motor starter, knuckle, muffler, oil pan dan gir gardan.

Mesinnya yang sederhana membuat Terrano bisa diandalkan, dan relatif mudah diperbaiki di semua bengkel umum karena masih karburator.

Terkenal Tangguh, Daihatsu Taft Tetap Punya Kelemahan

Kelemahan Taft Hiline Long. Terkenal Tangguh, Daihatsu Taft Tetap Punya Kelemahan

Jip.co.id - Untuk para penggemar off-road, Daihatsu Taft merupakan mobil yang bisa melahap segala medan, akan tetapi ia juga punya kelemahan. (Baca Juga: Mau Beli Daihatsu Taft GT Bekas, Wajib Tahu Varian yang Dijual).

"Setelah itu yang ketiga, radius putar mobil ini termasuk besar di kelasnya, sedikit menyulitkan apabila harus mengambil putaran u-turn," ujar Taufik lagi. "Namun kelemahan ini akhirnya mendapat perbaikan pada beberapa model, seperti Independen (Taft F73/Rocky F78) yang beredar dari tahun 1996 hingga 2008,” lanjutnya. (Baca Juga: Modifikasi Jip, Daihatsu Taft F10 Berhasil Tampil Lebih Gagah). "Namun tidak perlu khawatir, karena hal ini dapat disiasati dengan memasang satu bilah per tambahan, pada susunan per daun di bagian kanan depan," ujar Taufik.

Walaupun Terkenal Tangguh dan Kuat, Daihatsu Taft Punya 4 Kelemahan

Kelemahan Taft Hiline Long. Walaupun Terkenal Tangguh dan Kuat, Daihatsu Taft Punya 4 Kelemahan

Otoseken.id - Daihatsu Taft menjadi Jip yang ikonik di era 80-an sampai 90-an, SUV ini dikenal tangguh dan perkasa. Namun dibalik ketangguhannya, ternyata Daihatsu Taft juga punya kelemehan, hal ini juga sebagai bahan pertimbangan untuk Anda yang ingin meminang Daihatsu Taft.

Seperti diungkapkan oleh Taufik Eko Yudanto selaku pendiri dari Taft Diesel Indonesia (TDI), Ia mengungkap 4 kelemehan atau kekurangan Daihatsu Taft. pengguna Daihatsu Taft mengeluhkan kopling yang keras, namun hal ini bisa disiasati dengan pembiasaan diri. Baca Juga: Daftar Terbaru Daihatsu Taft GT Seken, Tipe 4x4 Dibawah Rp 50 Juta.

"Jika sudah terbiasa, lama-kelamaan juga akan terasa empuk koplingnya. Cara lainnya adalah dengan mengganti perangkat kopling dengan menggunakan tipe silent," ujar Taufik Eko, yang dikutip dari Jip.co.id. Desainnya sedikit berbeda dengan yang standar atau normal, juga harga lebih mahal.Tapi performa jauh lebih baik dari bawaan pabrik," lanjutnya. Rajin periksa oli mesin.

Meski Daihatsu Taft Tangguh, Tetap Ada Kelemahan

Mayoritas konsumen membeli mobil berdasarkan modelnya dan ini masalah selera. Namun, seiring jalan, masih banyak faktor lain yang bisa menentukan, salah satunya masalah tenaga.

Taufik Eko Yudanto, Founder dari Taft Diesel Indonesia (TDI) mengatakan, kekurangan pertama bagi yang tidak terbiasa menggunakan kendaraan segala medan seperti Taft ini, yaitu kopling yang keras. "Setelah itu yang Ketiga, radius putar mobil ini termasuk besar di kelasnya, sedikit menyulitkan apabila harus mengambil putaran u-turn. Namun kelemahan ini akhirnya mendapat perbaikan pada beberapa model, sepeti Independen (Taft F73/Rocky F78) yang beredar dari tahun 1996 hingga 2008,” tutur Taufik.

Kemudian yang terakhir, untuk model Taft F70/Rocky F75, yang notabene masih menggunakan per daun sebagai tulang punggung suspensinya, pada bagian depan di sisi kanan, sering “kalah duluan”. "Namun tidak perlu khawatir, karena hal ini dapat disiasati dengan memasang satu bilah per tambahan, pada susunan per daun di bagian kanan depan," ujar Taufik.

Harga Mobil Taft GT Murah: Cek Spesifikasi dan Keunggulannya

Kelemahan Taft Hiline Long. Harga Mobil Taft GT Murah: Cek Spesifikasi dan Keunggulannya

Mobil ini memiliki tempat duduk 2+2 yang cukup lega dengan perlengkapan standar seperti power steering dan central door lock model engsel tarik. Kemudian, mobil Taft GT juga sudah dilengkapi dengan sabuk pengaman, lampu depan halogen, voltmeter, tachometer, indikator 4WD, hingga jam digital.

Penerus dari Daihatsu Taft F50 generasi kedua ini disukai oleh berbagai kalangan, terutama mereka yang tinggal di pekerjaan perkebunan, proyek, maupun pertambangan. Alasan utama mengapa mobil satu ini tidak kehilangan penggemar karena tampilannya yang gagah dan elegan, meskipun sudah tua sekalipun.

Ketika hendak membeli mobil tua seperti Daihatsu Taft GT ini, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dan periksa.

Perawatan Daihatsu Feroza, Jip Banci Kesukaan Anak Muda 90-an

Kelemahan Taft Hiline Long. Perawatan Daihatsu Feroza, Jip Banci Kesukaan Anak Muda 90-an

Daihatsu Feroza desainnya cukup gagah dengan bodi yang minim lekukan, bahkan bisa dibilang sudutnya bergaya kotak atau boxy. Memasuki 1996, Daihatsu menambahkan varian Special Edition (SE) dengan tambahan berupa warna bodi two tone, over fender di sepatbor, lalu pelek aluminium casting.

Hiline long biasanya sih yang bodinya memang full dempul, sedangkan F70-78 pressed body,” tulis akun billyd1773dz di forum otomotif Seraya Motor. Sambungan bodi garapan karoseri Tugas Anda Semarang ini rentan retak apalagi bila sering disiksa lewat jalan off road.

Kerusakan yang sering terjadi pada pompa bensin manual adalah sistem vakumnya sudah lembek, sehingga tidak dapat menghisap atau memompa dengan baik. Tetapi dalam kasus lain, pompa bahan bakar manual pada mobil Daihatsu Feroza bocor, dan dari lubang ventilatornya mengeluarkan oli mesin yang cukup banyak.

Orang yang juga menjadi pendiri milis Feroza ini mengungkapkan, untuk mengatasi semua keluhan itu bisa memperbaiki selang vakum dan periksa VTV.